Pengertian dan Perbedaan Organisasi dan Arsitektur Komputer
Organisasi dan Arsitektur Komputer |
Tujuan Pembelajaran Setelah
mengikuti pembelajaran, siswa mampu :
- Menjelaskan Pengetian Organisasi Komputer dan Arsitektur Komputer
- Mengerti Perbedaan Organisasi Komputer dan Arsitektur Kompute
- Memahami perbandingan Organisasi komputer dan Arsitektur Komputer
Pengertian Arsitektur Komputer
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar
dan suatu sistem komputer. Cabang ilmu ini biasanya mempelajari
komponen-komponen sistem komputer yang terhubung dengan perintah logis dari
sebuah program. Dalam hal ini, penerapan perencanaan dan masing-masing bagian
akan Iebih difokuskan pada bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenal cara
pengaksesan data dan alamat dan memori cache,RAM, ROM, dan CD.
Arsitektur PC Modern |
Arsitektur komputer juga dapat
didefinisikan dan dikategorikan sebagal ilmu dan sekaligus seni mengenai cara
menghubungkan komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah
komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer mempelajari komponen-komponen sistem komputer yang terkait
dengan pemprograman, dan memiliki dampak langsung pada perintah logis sebuah
program.
Sebagai contohnya set instruksi,
aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, dan mekanisme input/output
(I/O).
Arsitektur komputer paling tidak
mengandung 3 subkategori sebagai berikut :
a. Set instruksi (ISA)
b. Arsitektur mikro dari ISA, dan
c. Sistem desain dari seluruh
komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Pengertian Organisasi Komputer
Organisasi komputer adalah bagian yang terhubung dengan komponen-komponen
pelaksanaan dan interkoneksi antarkomponen penyusun sistem komputer dalam
melaksanakan aspek arsitekturalnya. Cabang ilmu ini biasanya mempelajari bagian
yang terkait dengan unit-unit pelaksaan computer dan hubungan antara
komponen-komponen sistem komputer. Contoh aspek organisasional adalah teknologi
hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
Sementara itu, arsitektur
komputer lebih cenderung pada kajian komponen-komponen sistem komputer yang
terkait dengan seorang pemprogram. Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu
meimiliki perintah pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan
arsitektural. Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan dilaksanaan secara
langsung ataukah melalui langkah cache adalah kajian organisasional
Perbedaan Arsitektur dan Organisasi Komputer
Arsitektur komputer cenderung
berkaitan dengan komponen sistem komputer yang terkait dengan pemprogram dan
memiliki dampak langsung pada perintah logis sebuah program. Arsitektur juga
dapat didefinisikan dan dikategonikan sebagai ilmu yang mempelajari cara
interkoneksi dan komponen-komponen perangkat keras untuk dapat mencitakan
sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional dan kinerja.
Sementara itu organisasi komputer
mempelajari bagian yang terkait dengan unit operasional komputer dan hubungan
antara komponen sistem komputer dan interkoneksi yang merealisasikan penjelasan
arsitektural.
Perbedaaan utamanya adalah
sebagai berikut :
- Organisasi komputer: bagian yang terkait erat dengan komponen-komponen operasional. Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
- Arsitektur komputer: kelengkapan sistem komputer yang terkait dengan kegiatan pemrograman. Contoh: Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Arsitektur komputer merujuk pada
atribut-atribut dari sistem tata terlihat atau, dengan kata lain,
atribut-atribut yang memiliki dampak langsung pada eksekusi logis dari sebuah
program.
Arsitektur komputer merujuk pada
unit operasional dan interkoneksi mereka yang menyadari spesifikasi arsitektur.
Contoh atribut arsitektur meliputi set instruksi, jumlah bit yang digunakan
untuk mewakili berbagai tipe data (misalnya, angka, karakter), I / O mekanisme,
teknik untuk mengatasi memori. Atribut organisasi termasuk detail-detail
hardware transparan untuk programmer, seperti sinyal kontrol, interface antara
komputer dan peripheral, dan teknologi memori yang digunakan.
Sebagai contoh, ini adalah
masalah desain arsitektur apakah komputer akan memiliki instruksi multiply. Ini
adalah masalah orgnizational apakah instruksi yang akan dilaksanakan oleh unit
kalikan khusus atau dengan mekanisme yang menggunakan berulang unit add sistem.
Keputusan organisasi dapat didasarkan pada frekuensi diantisipasi penggunaan instruksi
multiply, kecepatan relatif dari dua pendekatan, dan biaya dan ukuran fisik
unit multiply khusus.
Dalam kelas komputer yang disebut
mikrokomputer, hubungan antara arsitektur dan organisasi sangat dekat.
Perubahan teknologi tidak hanya mempengaruhi organisasi, tetapi juga
mengakibatkan pengenalan arsitektur yang lebih kuat dan lebih kompleks. Secara
umum, ada kurang dari kesesuaian requirementnfor generasi ke generasi untuk
mesin-mesin yang lebih kecil. Dengan demikian, ada lebih interaksi antara keputusan
desain organisasi dan arsitektur. Buku ini mengupas berbagai organisasi
komputer dan arsitektur komputer. Penekanannya adalah mungkin lebih pada sisi
organisasi.
Namun, karena organisasi komputer
harus dirancang untuk menerapkan spesifikasi arsitektur tertentu, pengobatan
melalui organisasi memerlukan pemeriksaan rinci arsitektur juga.
Struktur dan Function Sistem Komputer
Struktur dan Function Sistem Komputer
0 comments:
Post a Comment